Pada  hari Sabtu, 29 juli 2017 pukul 08.00 wib bertempat di Aula K.H. Ahmad Dahlan Gedung E Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kami dari BEM Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, mengadakan seminar bertema Learn To Reading And Understand yang berjudul “Body Language And Micro Exspression”. Dalam kesempatan kali ini kami berkerjasama beberapa sponsor seperti Kreasi Langit, Info Sidoarjo Dan Lipsi. Kegiatan ini dilakukan untuk memahami tentang bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

 

 

Seminar-seminar seperti ini merupakan seminar rutin yang BEM Fakultas Psikologi adakan, seperti seminar sebelumnya yaitu seminar grafologi yang berfokus kepada membaca karakter seseorang melalui tulisan tangan serta seminar lie detector yang berfokus kepada bagaimana cara-cara kita untuk menidentifikasi adanya kebohongan terhadap diri seseorang. Hal ini dalam rangka untuk lebih memperkenalkan ilmu psikologi kepada khalayak umum yang menganggap bahwa kami para psikolog adalah seseorang yang mempunyai kempampuan lebih (semacam dukun) untuk menilai seseorang. Padahal, dalam psikologi untuk menilai-menilai perilaku membutuhkan proses yang lama dengan melewati cara yang ilmiah.

Seminar “Body Language And Micro Exspression” yang kami adakan kemarin sangat menarik minat peserta baik dari kalangan mahasiswa sendiri maupun umum, hal ini terlihat dari peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 600 lebih peserta. Pemateri yang kami undang Yaitu Ibu Riza Wahyuni S.Psi, M.Si. seorang psikolog yang memfokuskan dirinya dalam dunia kriminologi yang telah menjadi pemateri di banyak tempat.

Proses berjalannya seminarpun sangat menarik. Suasana sangat mencair ketika Ibu Riza menjelaskan materi, banyak dari peserta yang tidak sabar menunggu sesi tanya jawab berlangsung sehingga bertanya di sela-sela materi yang diberikan yang membuat moderator kami pun kewalahan untuk memberikan instruksi., ketika masuk sesi tanya jawab pun pertanyaan yang ditampung sangat membluduk tapi dengan sabar dan ramahnya Ibu Riza menjawab pertanyaan peserta satu persatu.  (Widika/B2)