Visi Prodi Psikologi adalah “Menjadi Program Studi Psikologi Bermutu Tingkat Nasional Tahun 2020”.
Visi ini dinilai sangat realistis dan sangat jelas karena memberikan batasan capaian serta indikator capian terkait bermutu tingkat nasional tahun 2020, yaitu:
1. Prodi Psikologi sebagai prodi terakreditasi A pada tahun 2020.
2. Ketersediaan laboratorium yang lengkap
3. Ketersediaan dosen sesuai dengan rasio 1:30
4. Dosen berpendidikan S3 sebanyak 15%
5. Dosen dengan kepangkatan akademik Lektor Kepala sebanyak 45%

1.1.3 Misi
Misi Prodi Psikologi UMSIDA sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang bermutu sehingga bisa menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan secara akademik, sosial, profesional yang berpegang pada kode etik psikologi, dan berpegang pada nilai-nilai keIslaman.
2. Meningkatkan sumber daya manusia prodi psikologi untuk mewujudkan SDM yang profesional, intelek, dan bermoral dalam mengembangkan ilmu psikologi, penelitian psikologi serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat berdasarkan keilmuan, hasil penelitian, serta prinsip-prinsip kode etik psikologi dan nilai-nilai Islam.
3. Meningkatkan kerja sama dengan pihak luar baik itu di level regional, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan mutu pendidikan, bertambahnya jumlah penelitian, dan abdimas.

1.1.4 Tujuan
Tujuan Prodi Psikologi UMSIDA, sebagai berikut :
1. Menerapkan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang profesional, memahami pengetahuan dasar psikologi, teknik pengamatan dan wawancara secara objektif sehingga mampu menginterpretasikan tingkah laku manusia menurut kaidah-kaidah psikologi baik perorangan, kelompok maupun komunitas;
2. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggunakan alat ukur psikologi dan melalui kegiatan praktikum psikologi;
3. Menunjukkan kepekaan terhadap nilai dan permasalahan bio-psiko-sosial dan moral manusia dalam konteks ke-Indonesia-an dan ke-Islam-an melalui kegiatan/program pembelajaran, praktikum psikologi, kajian, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat;
4. Meningkatkan penghayatan dan pelaksananaan etika dosen, mahasiswa, dan karyawan berdasarkan kode etik psikologi dan nilai-nilai ke-Islam-an;
5. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM melalui kegiatan pelatihan, workshop, seminar, kajian, dan studi lanjut, maupun melalui publikasi hasil karya tulis dosen ataupun mahasiswa;
6. Melaksanakan kerja sama dengan lembaga pendidikan, sosial, kesehatan, pemerintah tingkat regional, nasional, maupun internasional terkait pengembangan kualitas SDM, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat:
7. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, penelitian, dan abdimas.