Strategi yang dilakukan Fakultas Psikologi selama tahun 2011-2015 untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai:
1. Rencana pengembangan akademik :
a. Melakukan evaluasi kurikulum setiap 2 tahun sekali, sesuai perkembangan IPTEK, tuntutan pasar kerja, dan pengguna lulusan.
b. Meningkatkan suasana akademik dengan mengaktifkan kegiatan seminar setiap tahun, kuliah umum setiap semester, Kelompok Dikusi Psikologi Islam.
c. Mengikutsertakan dosen dalam workshop penyusunan perangkat pembelajaran (silabus dan SAP) yang diselenggarakan oleh UMSIDA maupun perguruan tinggi lain.
d. Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar lokal, regional, nasional, maupun internasional, sebagai narasumber setiap semester.
e. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan kompetisi Psikologi tingkat regional dan nasional.
2. Rencana pengembangan penelitian :
a. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian yang melibatkan dosen dan mahasiswa melalui penyusunan roadmap penelitian, keikutsertaan dalam kegiatan penelitian tingkat lokal (dana internal Umsida), dan hibah penelitian di tingkat regional, nasional dan internasional.
b. Menerbitkan Jurnal “Psikologia” sebagai wadah publikasi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa, secara rutin dan berkelanjutan.
c. Mewajibkan dosen untuk menulis artikel hasil penelitian ataupun pemikiran dalam jurnal internal/eksternal minimal 1 publikasi pertahun.
d. Mewajibkan mahasiswa dalam kegiatan PKM Dikti.
3. Rencana pengembangan pengabdian kepada masyarakat
a. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik itu lembaga pendidikan, korporasi, rumah sakit, panti asuhan, dan lain-lain dalam hal asesmen dan intervensi psikologi.
b. Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen bersama mahasiswa baik melalui dana internal maupun eksternal.
4. Rencana pengembangan sumber daya manusia
a. Meningkatkan kualitas dosen melalui kegiatan pelatihan pembelajaran (seperti PEKERTI, Applied Approach, dan studi lanjut program doktoral).
b. Meningkatkan jabatan fungsional dosen, minimal asisten ahli.
c. Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar sebagai narasumber.
5. Peningkatan Sarana dan Prasarana
a. Meningkatkan kuantitas dan kualitas peralatan dan fungsi laboratorium psikologi.
b. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ruang kerja dosen.
c. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ruang kelas untuk perkuliahan mengingat semakin bertambahnya jumlah mahasiswa.

6. Pengembangan jaringan alumni/lulusan
a. Revitalisasi organisasi ikatan alumni psikologi melalui kegiatan temu alumni dan kontribusi alumni untuk psikologi umsida.
b. Peningkatan keterserapan lulusan di dunia kerja melalui jaringan kerja alumni.

7. Program pengembangan kerja sama:
a. Peningkatan jumlah kerja sama Prodi Psikologi dengan berbagai lembaga/instansi baik pemerintah maupun swasta, atau perusahaan dengan level lokal Sidoarjo, nasional atau internasional terkait pengembangan SDM, sarpras, dan implementasi tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) yang unggul.
b. Adanya tambahan pendapatan bagi Prodi Psikologi selain dari sumber pemasukan utama melalui kerja sama unit P3TU terkait pelaksanan layanan psikologi (asesmen dan intervensi psikologi).

Periode 2015-2019, strategi diarahkan untuk menasionalisasikan program studi:
1. Sosialisasi Prodi
Mensosialisasikan program studi kepada masyarakat terhadap keberadaan Program Studi Psikologi yang diwujudkan dalam bentuk pembentukan website program studi, brosur, majalah fakultas, membuat profil audio-video prodi, iklan di stasiun TV, media sosial. Indikator kesuksesan strategi ini adalah mahasiswa prodi psikologi berasal dari minimal 10 propinsi.

2. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar
Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, diwujudkan dalam bentuk optimalisasi tim penjamin mutu program studi; efektifitas proses belajar mengajar untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi; dan peningkatan fasilitas perpustakaan program studi.

3. Program kemitraan dengan pihak eksternal.
Peningkatan kerja sama dengan kementerian, perusahaan/organisasi swasta nasional, BUMN, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah) serta perguruan tinggi nasional dan atau internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada pada masyarakat.

4. Program penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Meningkatkan kemampuan analitis dan menuangkan ide ilmiah dosen dan mahasiswa dalam bentuk penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan karya tulis pada isu-isu nasional yang terlihat dari bertambahnya jumlah partisipasi dosen dalam seminar nasional dan internasional sebagai narasumber serta jumlah terbitan ilmiah berkala.

5. Program peningkatan sumber daya manusia.
a. Pelatihan-pelatihan proses belajar mengajar, penulisan karya ilmiah, ataupun pelatihan yang melibatkan pihak eksternal untuk tenaga dosen dan mahasiswa dalam konteks nacional atau internasional.
b. Pelatihan administrasi dan sistem informasi manajemen bagi karyawan dalam bentuk kerja sama nasional dan internacional dengan PT terbaik tingkat nasional atau internasional
c. Mengikutkan kompetisi antar mahasiswa tingkat nasional dan atau internacional; Indikator kesuksesan strategi ini adalah jumlah artikel karya dosen tetap terpublikasikan di jurnal dan proceeding berjumlah minimal 8, layanan admistrasi mahasiswa bisa selesai pada waktunya, dan prestasi mahasiswa dalam kompetisi tingkat nasional dan atau internasional sebanyak minimal 5 kategori.
d. Meningkatkan kualitas dosen melalui kegiatan pelatihan pembelajaran (seperti PEKERTI, Applied Approach).
e. Meningkatkan jumlah dosen yang akan melanjutkan studi S3
f. Meningkatkan jabatan fungsional dosen
g. Meningkatkan jumlah dosen yang tersertifikasi

6. Penguatan jaringan alumni/lulusan
a. Penguatan organisasi ikatan alumni psikologi melalui kegiatan temu alumni yang intensif dan peningkatan kontribusi alumni untuk psikologi umsida.
b. Peningkatan keterserapan lulusan di dunia kerja melalui jaringan kerja alumni.

7. Program pengembangan kerja sama:
a. Peningkatan jumlah kerja sama Prodi Psikologi dengan berbagai lembaga/instansi baik pemerintah maupun swasta, atau perusahaan dengan level nasional dan atau internasional terkait pengembangan SDM, sarpras, dan implementasi tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) yang unggul.
b. Peningkatan pendapatan Prodi Psikologi selain dari sumber pemasukan utama melalui kerja sama unit P3TU terkait pelaksanan layanan psikologi (asesmen dan intervensi psikologi).