Sejarah Singkat

  Secara Geografis, Kabupaten Sidoarjo berada di dekat ibu kota Propinsi Jawa Timur, yaitu Surabaya. Dengan demikian, Sidoarjo menjadi pergeseran fasilitas industry, pemukiman, pendidikan, dan kesehatan karena semakin terbatasnya lahan dan semakin besarnya penduduk. Situasi ini menyebabkan di Sidoarjo mulai menjamur industry, layanan kesehatan, dan layanan pendidikan. Dinamika dalam masyarakat yang demikian ini menyebabkan permasalahan social dan psikologis di masyarakat menjadi semakin kompleks. Karena itu tuntutan kebutuhan maysarakat akan jasa dan praktek psikologi semakin besar. Selain itu, tuntutan perkembangan ilmu social yang semakin cepat sehingga perlu didirikan pendidikan psikologi yang mampu menjawab kebutuhan dan tantangan tersebut.

            Melalui SK Dirjen Dikti Nomor: 1373/2005 tanggal 10 Mei 2005 berdirilah program studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pada bulan September 2005 dimulailah kegiatan belajar mengajar di Fakultas Psikologi dengan jumlah mahasiawa sebanyak 52 orang. Berbagai macam pengembangan dilakukan untuk meningkatkan mutu Fakultas Psikologi, baik itu terhadap fasilitas fisik, kurikulum, laboratorium, administrasi, dan SDM. Program studi psikologi ini sudah terakreditasi “B” SK BAN PT : Nomor 0124/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2016, yang artinya adalah Pemerintah Indonesia melalui Kementrian riset dikti sudah mengakui bahwa Fakultas Psikologi Umsida ini memiliki kualifikasi baik, jadi terkait pada bagaimana pencapaian visi misi, program kerja dan tata kelola fakultas psikologi ini sudah dinilai dengan baik yang juga kualitas kemahasiswaan dan pengembangan sdm yang terakhir adalah sarana dan prasarana yang dinilai dengan baik tidak hanya itu terkait kepada kerja sama dan sudah banyak yang bekerja sama dengan fakultas psikologi, ada sekolah, industry, dan ada juga pemerintahan

            Harapannya yang jelas adalah bagi para mahasiswa & dosen dapat membantu masyarakat sidoarjo khususnya, & masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk membantu masalah yang ada pada masyarakat terutama masalah psikologis yang kemudian dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.Saat ini, di tahun ke-12 jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi sebanyak 475 mahasiswa. Fakultas Psikologi terletak di Kampus 2, Jl. Raya Gelam 250 Candi, Sidoarjo, dan sudah menempati Gedung 4 lantai yang dilengkapi dengan 1 ruang kantor, 1 ruang dosen, 8 ruang laboratorium (Laboratorium Klasikal, Laboratorium Play Therapy dan Observasi, Laboratorium Konseling, Laboratorium Individual, Laboratorium Psikodiagnostik, Laboratorium Eksperimen, Ruang Alat dan Arsip, dan Ruang OutBound) dan 9 ruang kelas, serta 1 ruang pertemuan untuk rapat.