Setiap tahun Fakultas Psikologi Umsida ciptakan hal yang berbeda. Kali ini kami melakukan vactory visit 2019 di PT.Amerta Indah Otsuka atau yang dikenal sebagai pabrik Pocari sweat yang beroperasi di Pasuruan Jawa Timur. Vactory visit ini merupakan kunjungan tiap tahun yang dilakukan mahasiswa semester 5 Fakultas Psikologi karena berhubungan dengan mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi (PIO), melalui inilah mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan di dalam kelas saja mengenai psikologi industri dan organisasi, namun juga berkesempatan mengunjungi perusahaan besar seperti pocari sweat ini.

Kegiatan ini di ikuti oleh 6 kelas, dimana kelas-kelas tersebut terdiri dari semester 5 dan 3 yang mengambil mata kuliah PIO. Pemberangkatan dilakukan dalam 2 gelombang yakni pada (3-4/1/2019). Perjalanan menyenangkan mahasiswa sembari menambah ilmu pengetahuan dimulai sejak sambutan dan pengenalan pabrik pocari sweat dimulai. Sesi diskusi dimulai dengan sangat menarik, setidaknya ada 6 orang beruntung yang bisa mengajukan pertanyaan bebas kepada pocari mengenai vidio dan penjelasan yang diberikan sebelumnya.

Selanjutnya mahasiswa ditunjukkan bagaimana proses pembuatan pocari sweat dari bagian awal hingga pemasaran. Selain itu juga mahasiswa diperlihatkan bagaimana produksi makanan yang terbuat dari kedelai yang kaya akan kandungan zat-zat yang baik untuk tubuh, produk ini adalah Soyjoy. Mahasiswa diajak berkeliling di tempat produksi makanan tersebut, dan di izinkan untuk mencicipinya. Seru bukan?

Bukan hanya pengolahan yang sangat baik, pocari juga menerapkan sistem kerja yang tak kalah menariknya. Kedisiplinan adalah salah satu hal yang sangat terlihat ketika mahasiswa diwajibkan hanya berjalan dibagian jalan yang diperbolehkan dan menyebrang di zebra cross yang telah disediakan. Budaya Jepang dan Indonesia membaur menjadi satu. Karena selain mengutamakan nilai produk, pocari juga berkomitmen untuk menciptakan SDM yang baik juga kebiasaanya. Sebuah industri dan organisasi akan berjalan melalui peran manusia, SDM yang terkelola dengan baik akan menambah nilai plus suatu perusahaan. dan untuk itulah dalam mata kuliah PIO fakultas memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengetahui bagaimana kondisi di lapangan secara langsung untuk menambah pengalaman dan wawasan mereka.(Lintang/NAG)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *