Ada yang menarik di akhir bulan januari ini. Fakultas Psikologi Umsida mengadakan kuliah tamu dengan tema psikogenetika parenting yang dilaksanakan hari senin 28/01/2019. Acara  ini dibuka dengan sapaan hangat oleh Dekan Fakultas Psikologi Umsida Eko Hardi Ansyah M Psi Psikolog. Materi psikogenetika parenting ini disampaikan oleh narusumber yang sangat menarik yaitu Dra Nunki Nilasari Suwardi atau yang lebih akrab disapa Bunda Nunki. Acara ini dihadiri bapak ibu dosen psikologi serta beberapa Mahasiswa dari Semester 2 dan 4 dengan jumlah 150 mahasiswa yang hadir.

Berbicara tentang parenting adalah hal yang sangat penting. Anak adalah aset yang sangat berharga. Perilaku anak harus diperhatikan dan diarahkan sesuai perkembangan usianya. Apabila anak berperilaku yang tidak sesuai dengan etika atau norma kebaikan, itu bukan salah mereka. Karena anak adalah apa yang sudah direkam dari lingkungan terdekatnya. Bilamana seorang anak itu tidak mempunyai filter dasar yang kuat dalam memilah antara kebaikan dengan keburukan dari orang terdekatnya, hal itu akan menjadi bencana yang akan diulang kembali pada generasi penerusnya.

Dari apa yang disampaikan Bunda Nunki sangat bermanfaat dan membuka wawasan para mahasiswa untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkompeten dan beretika demi kemajuan negeri yang sudah memasuki era milenial yang notabene bersaing dengan pemikiran dan implementasi nyata.

Para mahasiswa terlihat fokus memeperhatikan setiap penjelasan Bunda Nunki dan ikut serta menyumbang beberapa pertanyaan dari kendala yang dialami. Alhasil mereka sangat puas dengan jawaban yang diberikan oleh Bunda Nunki dan mempunyai solusi untuk menangani masalah mereka masing-masing.

Kuliah tamu ini diakhiri bunda Nunki dengan kata-kata mutiara yang cukup menyadarkan kita semua untuk terus berintrospeksi diri dan memandang positif setiap masalah yang terjadi untuk diambil hikmahnya, sebagai motivasi hidup bersyukur dan menyiasati segala kemungkinan yang ada di hari esok. (Wildan/NAG)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *