MAHASISWA PSIKOLOGI GELAR SEMINAR ONLINE SELF MANAGEMENT PADA ANGGOTA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) KOMISARIAT PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Mahasiswa adalah individu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa di kampus selain belajar di kelas. Selain belajar mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan dalam kampus seperti organisasi dalam kampus. Organisasi salah satu kegiatan yang banyak di ikuti oleh mahasiswa-mahasiswa untuk mengasah kemampuannya di luar kemampuan akademik seperti halnya kemampuan relasi pertemanan,  pengambilan keputusan, kemampuan memanajemen waktu, kemampuan managemen diri, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin dan menambah wawasan yang tidak di dapat dalam belajar di kelas perkuliahan.

Mahasiswa yang memilih untuk ikut berorganisasi juga memiliki tanggung jawab yang dobel diantara tanggung jawab sebagai mahasiswa dan tanggung jawab sebagai anggota organisasi, belum lagi mahasiswa yang sambil bekerja juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Banyaknya tugas akademik dan tugas organisasi yang barengan menyebabkan mahasiswa kualahan dalam memanajemen dirinya untuk membagi waktu antara tugas akademik dan tugas organisasinya. Semakin tugas-tugas itu menumpuk membuat mahasiswa kacau dan mengalami stres menghadapi banyak tugas yang menumpuk sehingga tidak jarang mereka mengalami kesulitan dalam mengatur waktu antara kuliah dan organisasi.

Menyikapi hal tersebut 10 mahasiswa semester 7 Prodi PSikologi, FPIP, Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelengarakan seminar online tentang self management pada anggota ikatan mahasiswa muhammadiyah (imm) komisariatpsikologi, dengan pemateri yaitu Dosen Psikologi UMSIDA Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA. Pada materinya menyampaikan bahwa sebagai seorang mahasiswa serta sebagai seorang organisator dan juga sebagai seorang karyawan ketika dia tidak bisa memanagement diri sendiri yang terjadi adalah kacau semua pekerjaan yang sudah di kerjakan. Ketika sebagai mahasiswa tidak bisa memanagement dirinya melakukan atau memilih skala prioritas mana yang harus didahulukan yang terjadi adalah memang yang pertama itu harus dikorbankan, tetapi ketika ada yang di korbankan harus di pilah mana yang penting dan tidak penting. Itu salah satu metode dalam self management, ucap Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA.

Seminar online yang dilaksanakan pada tanggal 5 januari 2021 dihadiri ketua IMM komisariat psikologi beserta anggotanya, serta dihadiri oleh badan pimpimpinan harian komisariat Ar razi psikologi Umsida beserta anggotannya. Psikoedukasi ini juga dihadiri oleh Ketua Komisarian Ar Razi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan para jajarannya di Komisariat. Harapan dari dilakukan psikoedukasi ini adalah agar Self managemen dalam diri individu dapat meningkat kembali setelah sebelumnya menurun akibat susah membagi waktu antara kerja, perkuliahan, dan organisasi. Cara kami mengetahuinya adalah dengan kami wawancara dan melakukan pretest dan postest pada saat sebelum melakukan psikoedukasi kemudian kami akan menyebarkan angket kembali setelah selesai acara.

Psikoedukasi tersebut memberikan manfaat yang cukup besar bagi anggota dan BPH (Badan Pimpinan Harian), setelah dilakukan wawancara terhadap salah satu anggota dan juga peserta psikoedukasi tentang manfaat yang dirasakan yaitu mereka lebih tau bagaimana cara memanagemen diri terkait waktu antara pekerjaan, organisasi dan perkuliahan selama masa pandemi agar tetap bisa fokus dengan hal teraebut. Selain itu bisa menambah ilmu tentang menambah self management dengan baik dan bagaimana kita bisa mengatasi rasa menunda nunda pekerjaan dan stress pada saat pembelajaran online yang dilakukan oleh anggota IMM Ar Razi Psikologi.

Penulis : (Intan/Shandy/Bening) Editor : NAG

Related Posts

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi Juni 2022

Ujian Skripsi Prodi Psikologi Semester Genap 2020/2021 tanggal 27 Juni...

Pendaftaran Ujian Skripsi Prodi Psikologi Periode Juni 2022

Syarat dan Alur Pendaftaran: Mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingMengisi formulir...

Jadwal UTS Semester Genap 2021/2022

Berikut kami lampirkan jadwal Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik...

Leave a Reply