MAHASISWA PSIKOLOGI UMSIDA MENGADAKAN PSIKOEDUKASI UPAYA MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL BERSAMA KOMUNITAS MANGAN SIDOARJO

Mahasiswa psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo semester 7 mengadakan seminar psikoedukasi. Kami dari kelompok 1 yang beranggotakan Chabibah, Tyana, Wildan, Rachma, Sulis, Salsa, Arsya dan Akbar berkolaborasi dengan komunitas mangan Sidoarjo yang diketuai oleh M. Rizal. Mahasiswa psikologi tersebut berkerjasama dengan komunitas Mangan Sidoarjo mengadakan seminar Psikoedukasi dengan tema “Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial dengan Teknik Diskusi bersama Komunitas Mangan Sidoarjo”. Dimana peserta dari seminar tersebut adalah anggota dan pengurus komunitas mangan Sidoarjo. Psikoedukasi yang merupakan terapi yang diberikan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pentingnya kepekaan sosial untuk mitra kami komunitas mangan Sidoarjo.

Psikoedukasi dilaksanakan pada tanggal 03 Januari 2021, di warung Spoor Candi-Sidoarjo, sesuai dengan protocol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Komunitas mangan dan mahasiswa psikologi bekerjasama untuk mengadakan kegiatan tersebut karena didapati dari hasil wawancara dan pendekatan dengan komunitas tersebut ialah kurangnya komitment dan konsistensi dari anggota dan beberapa pengurus, akan kesadaran diri dan sosial dari masing-masing individu. Niat dari masing-masing individu ketika bergabung dengan komunitas, dimana komunitas memiliki tujuan membantu masyarakat sosial menengah kebawa sudah mulai pasif bahkan sedikit turun.

Psikoedukasi dirasa tepat dan cocok untuk anggota dan pengurus mangan guna kemajuan dan terciptanya keharmonisan serta sejalannya tujuan dan niat dari masing-masing individu untuk terus menolong sesama. Mengingat anggota baru yang mulai menurun semangat dan niatnya untuk menolong sesama, dan mulai berkurangnya kesadaran dan kopetensi dari masing-masing individu terhadap sosial sekitarnya. Psikoedukasi tersebut memberikan manfaat yang sangat besar bagi komunitas mangan. “Kegiatan yang diadakan malah melebihi ekspetasi kami. Awalnya kami kira sharing santai, tapi ternyata malah ada pematerinya. Setelah kami share di grup team , malah banyak yg nyesal ndabisa join. Untuk pemateri pertama, delivery nya sangat bagus sekali. Saya pribadi usai pelatihan minta pendapat ke temen temen yg sudah join. Emang ‘dapet’ banget. Dan relate banget sama apa yg kami alamin, problem yg kami alamin. Materi yg disampaikan kemarin akan kami floorkan kembali ke team. Ujar salah satu anggota komunitas mangan sidoarjo.

Bahwa memang pelatihan psikoedukasi bagi kemunitas berdampak sangat besar sangat dibutuhkan untuk bekal mereka dalam mengembangkan organisasi mereka untuk menjadi lebih peka dengan sosial sekitar. Pelaksaan pelatihan ini diawali dengan pemaparan materi kepekaan sosial yang berisi mengenai pengertian kepekaan, aspek kepekaan sosial sendiri dan juga cara meningkatkan kepekaan sosial dalam diri individu maupun dalam sebuah organisasi / komunitas. Materi tidak hanya berupa itu, tapi juga ada video yang menggambarkan contoh dari kepekaa sosial sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan sharing dan diskusi mengenai pemaparan program, kendala – kendala yang dihadapi dan goals yang harus dicapai dan direalisasikan.

Penulis : (Siti Chabibah)
Editor : NAG

Related Posts

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi Juni 2022

Ujian Skripsi Prodi Psikologi Semester Genap 2020/2021 tanggal 27 Juni...

Pendaftaran Ujian Skripsi Prodi Psikologi Periode Juni 2022

Syarat dan Alur Pendaftaran: Mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingMengisi formulir...

Jadwal UTS Semester Genap 2021/2022

Berikut kami lampirkan jadwal Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik...

Leave a Reply