PENGUATAN ORGANISASI IMM KOORKOM UMSIDA MELALUI PSIKOEDUKASI UNTUK KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAN ADAPTABLE

Perlunya komunikasi yang baik dan efektif dengan tim memang amat perlu. Komunikasi efektif itu pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Pengukuran efektivitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan. Hal ini yang dilakukan oleh Mahasiswa Psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), mengadakan pelatihan psikoedukasi. Kami dari kelompok 2 yang beranggotakan 11 mahasiswa diantaranya Fauzi, Ria, Laila, Krainka, Rizki, Dimas, Loly, Alif, Fairuz, Stevia, dan Aini. Melaksanakan pelatihan yang bertemakan “Psikoedukasi Penguatan Organisasi Melalui Komunikasi Yang Efektif Dan Adaptable” dengan pemateri dosen psikologi umsida yaitu Ramon MPsi, yang pesertanya dari organisai IMM Koorkom UMSIDA. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 09 Januari 2021 yang berlokasi di Warkop Spoor Candi – Sidoarjo pada pukul 09.00 WIB dan mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

Organisasi IMM Koorkom UMSIDA dan mahasiswa psikologi bekerja sama untuk mengadakan kegiatan tersebut, karena dari hasil wawancara terdapat permasalahan komunikasi dan penguatan pada setiap anggota dalam organisasi. Psikoedukasi tersebut memberikan manfaat yang baik bagi organisasi IMM Koorkom UMSIDA, dari pesertanya saat mengikuti pelatihan tersebut banyak yang mengajukan pertanyaan dan berdiskusi bersama pemateri. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai akhir, pemateri menjelaskan tentang pengutan organisasi yang diikuti dengan permasalahan yang ada pada organisasi. Banyak anggota merasa bahwa komunikasi yang ada didalam organisasi tersebut mengalami komunikasi yang kurang baik dan adaptasi dari setiap personalnya, hal ini berdasarkan hasil wawancara dan hasil penyebaran angket.

Pelaksanaan pelatihan ini diawali dengan pemaparan materi tentang pengutan organisasi, setelah itu pemateri melakukan forum diskusi dimana pemateri memberikan sebuah permasalahan yang nantinya didiskusikan oleh peserta yang hadir pada pelatihan tersebut. Setelah forum diskusi tersebut, pemateri memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya kepada pemateri.

Penulis : (Karinka Aurelia Rahmah/Ria Irawati)
Editor : NAG

Related Posts

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi Juni 2022

Ujian Skripsi Prodi Psikologi Semester Genap 2020/2021 tanggal 27 Juni...

Pendaftaran Ujian Skripsi Prodi Psikologi Periode Juni 2022

Syarat dan Alur Pendaftaran: Mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingMengisi formulir...

Jadwal UTS Semester Genap 2021/2022

Berikut kami lampirkan jadwal Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik...

Leave a Reply