Dokumentasi Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun ke-2

1.1.1. Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa

Pengakuan kompeten dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan pasca studi. Pengakuan kompeten pada bidang tertentu didapatkan salah satunya melalui sertifikasi kompetensi yang diakui oleh BNSP. Oleh karena itu, sertifikasi kompetensi dibutuhkan oleh mahasiswa prodi psikologi untuk meningkatkan keterserapan di DUDI.  Program Kompetisi Kampus Merdeka memungkinkan terselenggaranya pelatihan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang kompeten pada bidang HR Staff Recruitment.

Progress10%

1.1.2. Expo & Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

Mahasiswa berwirausaha merupakan salah satu bentuk capaian prodi dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan mendapatkan pekerjaan yang layak. Program Kompetisi Kampus Merdeka memungkinkan prodi psikologi menyelenggarakan kegiatan expo kewirausahaan yang sekaligus menjadi ajang lomba. Kegiatan ini mengundang juri yang profesional di bidang kewirausahaan. Dengan adanya kegiatan expo kewirausahaan, maka jumlah mahasiswa yang berwirausaha akan meningkat.

Progress10%

1.1.3. Bimbingan Karir

Pemahaman akan kemampuan dan kelemahan diri sendiri menjadi hal penting dalam proses pengembangan kompetensi individu. Proses pemetaan kemampuan dan kelemahan diri dapat dilakukan melalui proses asesmen psikologis yang terstruktur sehingga diperoleh hasil yang valid dan menyeluruh. Begitu pula pada mahasiswa, pemetaan potensi dan adanya bimbingan karir ini dapat memberikan wawasan pemahaman mengenai gambaran diri dan apa saja langkah tindak lanjut yang harus mahasiswa lakukan agar bisa mencapai target-target masa depan terkait pendidikan lanjut ataupun mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Progress10%

1.2.1. Pertukaran Mahasiswa

Pertukaran pelajar merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran MBKM dengan mengirimkan mahasiswa prodi Psikologi UMSIDA mengikuti perkuliahan di kampus lain (outbound) sekaligus menerima mahasiswa kampus lain mengikuti perkuliahan di prodi Psikologi UMSIDA (inbound). Kegiatan ini penting dilakukan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa belajar di luar kampus. Namun untuk melaksanakan kegiatan ini dibutuhkan dukungan dalam berbagai bentuk. Program Kompetisi Kampus Merdeka memungkinkan prodi psikologi mengirimkan mahasiswanya mengikuti perkuliahan di kampus lain.

Progress8%

1.2.2. Magang

Magang adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung atau experiential learning kepada mahasiswa. Melalui program ini mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan mengenal budaya kerja yang diterapkan oleh mitra sehingga dapat menjadi bekal ketika mahasiswa benar-benar terjun di dunia kerja setelah lulus kuliah. Magang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai mitra seperti perusahaan, yayasan, instansi pemerintah maupun swasta, perusahaan rintisan, dan DU-DI. Program Kompetisi Kampus Merdeka memungkinkan prodi psikologi menjalin bekerjasama dengan berbagai mitra untuk kegiatan magang.

Progress8%

1.2.3. Asistensi Mengajar

Belajar dan berpraktik langsung di lapangan adalah tujuan dari kurikulum MBKM. Asistensi mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran MBKM yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan, serta membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan. Saat mahasiswa diberikan tugas untuk terjun langsung ke dalam institusi pendidikan dapat memberikan tambahan wawasan pengalaman bagi mahasiswa mengenai bagaimana pengelolaan program pendidikan, terutama di sekolah luar biasa ataupun di sekolah inklusi. Hal ini juga menjadi salah satu solusi untuk bisa memeratakan kualitas pendidikan di semua institusi pendidikan yang bekerjasama.

Progress8%

1.2.4. Proyek Kemanusiaan

Proyek kemanusiaan merupakan salah satu bentuk kegiatan MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus dalam bentuk pemberian bantuan layanan kemanusiaan kepada lembaga sosial maupun masyarakat yang mengalami bencana alam maupun sosial. Kegiatan Proyek kemanusiaan ini penting untuk dilakukan karena akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya untuk diterapkan guna membantu menangani persoalan kemanusiaan serta menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap persoalan sosial yang ada di masyarakat. Hal ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi problematika persoalan kemanusiaan melalui pendekatan ilmiah dan aplikasi teori yang telah didapatkan oleh mahasiswa.

Progress8%

1.2.5. Keikutsertaan Pada Kompetisi Inovasi Psikologi Tingkat Nasional

Keikutsertaan pada kompetisi inovasi psikologi tingkat nasional ini adalah kegiatan yang penting untuk menunjang prestasi mahasiswa di tingkat nasional. Berdasarkan evaluasi pada tahun sebelumnya, prestasi yang ditorehkan mahasiswa pada kompetisi nasional sudah menunjukkan peningkatan, namun jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah kompetisi yang diselenggarakan oleh berbagai kampus di Indonesia maupun oleh kemendikbud terutama yang bertemakan psikologi, prestasi nasional mahasiswa belum sepenuhnya tercapai. Dengan adanya aktivitas ini, akan mendorong lebih banyak lagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi inovasi psikologi tingkat nasional.

Progress15%

1.3.1. Dosen Mengajar di PT Lain Dalam Negeri

Menjadi dosen tamu di PT lain dalam negeri menjadi salah satu kesempatan bagi DTPS prodi psikologi berkegiatan diluar kampus. Kegiatan ini terselenggara dengan adanya kerjasama antara prodi psikologi dengan mitra pendidikan, yaitu Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember. 

Progress20%

1.3.2. Pengembangan Kelompok Kajian Psikologi Pendidikan

Prodi psikologi memiliki mitra kerjasama bidang pendidikan yang juga menjadi mitra kerjasama Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan. Sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama, dibutuhkan kegiatan yang saling menguntungkan. Riset dan abdimas di perguruan Muhammadiyah Porong menjadi pilihan kegiatan yang dilakukan. Selain itu, penelitian bersama dengan peneliti dari Universitas Malaya Malaysia juga dipilih sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama dengan PT lain luar negeri.

Progress35%

1.4.1. Praktisi Mengajar Bidang Kajian Psikologi Industri & Organisasi

Kualitas DTPS menjadi faktor penting yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Salah satu upaya yang dilakukan oleh prodi psikologi untuk terus meningkatkan kualitas DTPS adalah dengan mengundang dosen/ praktisi dari luar. Dosen/ praktisi dari luar ini dapat memberikan penyegaran kepada DTPS maupun mahasiswa terkait perkembangan dunia kerja sehingga DTPS tidak hanya menguasai konsep terkait bidang kajian psikologi industri dan organisasi saja namun juga memahami bagaimana realitas di lapangan. Selain itu mahasiswa juga memiliki pengetahuan yang lebih seimbang antara teori dan aplikasi teori di lapangan. 

Progress10%

1.4.2. Praktisi Mengajar Bidang Kajian Psikologi Klinis & Perkembangan

Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas akademik DTPS adalah dengan mengundang dosen/praktisi untuk mengajar di dalam kampus. Dengan adanya dosen/praktisi dari luar, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan pengalaman belajar baru, tetapi juga dosen pengampu matakuliah yang dituju. Pengalaman belajar tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membantu DTPS meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar.

Progress10%

1.4.3. Praktisi Mengajar Bidang Kajian Psikologi Sosial

Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas akademik DTPS adalah dengan mengundang dosen/praktisi untuk mengajar di dalam kampus. Dengan adanya dosen/praktisi dari luar, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan pengalaman belajar baru, tetapi juga dosen pengampu matakuliah yang dituju. Pengalaman belajar tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membantu DTPS meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar. Selain itu, mahasiswa juga didorong untuk berkarya melalui proyek kelompok yang menghasilkan luaran berupa buku. 

Progress10%

1.4.4. Praktisi Mengajar Bidang Kajian Psikologi Pendidikan

Program studi psikologi menyelenggarakan lokakarya penilaian capaian pembelajaran yang diselenggarakan secara luring di kota Yogyakarta. Kegiatan lokakarya ini diikuti oleh Kaprodi dan Sekprodi Psikologi sebagai pengelola program studi. Kegiatan ini berbentuk pendampingan intensif kepada pengelola prodi dalam pengembangan evaluasi pembelajaran yang berbasis case study dan project based learning. Pendampingan intensif ini dilakukan secara luring sebagai bentuk pemberian umpan balik dari tenaga ahli kepada pengelola prodi psikologi.

Progress10%

1.4.5. Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Dosen

Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualifikasi akademik dosen adalah dengan sertifikasi kompetensi dan profesi. Dengan meningkatnya jumlah dosen yang memiliki sertifikasi kompetensi dan profesi, maka akan membantu DTPS meningkatkan keterampilan mengajar.

Progress10%

1.5.1. Peningkatan Publikasi Dosen

Jumlah publikasi dosen di jurnal nasional terakreditasi merupakan salah satu indikator kinerja perguruan tinggi. DTPS Psikologi telah memiliki sejumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, namun tidak semuanya dipublikasikan pada jurnal nasional dengan akreditasi minimal level 4. Coaching clinic publikasi ilmiah telah dilakukan oleh prodi psikologi dengan pendanaan dari PKKM tahun 2021 dan masih membutuhkan kegiatan lanjutan. Oleh karena itu, kelas intensif dan workshop diadakan sebagai kegiatan lanjutan yang didanai dengan PKKM 2022 untuk meningkatkan jumlah publikasi DTPS Psikologi.

Progress100%

1.6.1. Evaluasi Pembelajaran Case Study dan Project Based Learning

Program studi psikologi menyelenggarakan lokakarya penilaian capaian pembelajaran yang diselenggarakan secara luring di kota Yogyakarta. Kegiatan lokakarya ini diikuti oleh Kaprodi dan Sekprodi Psikologi sebagai pengelola program studi. Kegiatan ini berbentuk pendampingan intensif kepada pengelola prodi dalam pengembangan evaluasi pembelajaran yang berbasis case study dan project based learning. Pendampingan intensif ini dilakukan secara luring sebagai bentuk pemberian umpan balik dari tenaga ahli kepada pengelola prodi psikologi.

Progress100%