REFLEKSI AWAL TAHUN 2021, MAHASISWA PSIKOLOGI GELAR PSIKOEDUKASI KOMUNIKASI GURU DENGAN REMAJA KEKINIAN

Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang sering kita lakukan namun sering kali kita temui terjadi kesalahan saat berkomunikasi seperti suka memotong pembicaraan orang lain tanpa memperhatikan etika yang ada, berbicara tanpa henti dan tidak memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara. Di era pandemi seperti ini proses komunikasi banyak dilakukan secara online begitupun di dunia pendidikan. Proses belajar mengajar dilakukan melalui daring (online) sehingga menyebabkan  siswa mengeluhkan merasa bosan ketika diberikan materi oleh guru.

Menyikapi hal tersebut, 10 Mahasiswa semester 7 Prodi Psikologi, FPIP, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan Psikoedukasi “Komunikasi efektif guru dengan remaja kekinian” dengan mengadeng pemateri sekaligus Kaprodi Psikologi UMSIDA yaitu ibu Widyastuti MPsi Psikolog. Tempat acara di Aula kelas SMP Muhammadiyah 4 Porong. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak hingga menyediakan handsanitaizer.

Dalam menyampaikan materi, Widyastuti MPsi Psikolog mengemukakan bahwa “komunikasi yang dibutuhkan remaja saat ini adalah komunikasi yang bersifat setara bukan adanya hierarki. Makud dari setara yakni dimana guru mampu menjadi pendengar yang baik, dapat menjadi seorang teman ataupun sahabat”.

Kegiatan ini dihadiri oleh guru serta karyawan SMP Muhammadiyah 4 Porong. Psikoedukasi yang dilaksanakan pada tanggal 4 januari 2021 tersebut. Tak hanya sebatas psikoedukasi 2 mahasiswa psikologi Amaliyah Syabana dengan mengandeng Nisa Kurnia Sari untuk memberikan ice breaking tentunya hal itu membuat 11 bapak dan ibu guru semakin antusias. Hal tersebut bertujuan membangkitkan semangat serta dapat mudah menyerap materi yang diberikan.

Manfaat yang muncul setelah diadakannya psikoedukasi ini adalah guru guru SMP Muhammadiyah 4 Porong ini lebih mengenal cara berkomunikasi yang efektif dengan murid murid yang masih termasuk dalam kategori remaja awal di masa pandemi seperti ini.

“Senang sekali saya dan keluarga besar SMP Muhmammadiyah 4 Porong dapat menjalin tali silatuhrahmi dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) terutama prodi psikologi. Saya sangat berterima kasih karena kita semua dapat menambah ilmu yang in shaa Allah sangat bermanfaat untuk kedepanya dalam membimbing murid-murid kita,” ujar Rozak Akbar, MPhill kepala SMP Muhammadiyah 4 Porong.

Penulis : (Amaliyah Syabana/Sekar Ayu)
Editor : NAG

Related Posts

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi Juni 2022

Ujian Skripsi Prodi Psikologi Semester Genap 2020/2021 tanggal 27 Juni...

Pendaftaran Ujian Skripsi Prodi Psikologi Periode Juni 2022

Syarat dan Alur Pendaftaran: Mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingMengisi formulir...

Jadwal UTS Semester Genap 2021/2022

Berikut kami lampirkan jadwal Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik...

Leave a Reply