REFLEKSI UNTUK SISWA SMP 1 MUHAMMADIYAH SIDOARJO, MAHASISWA PSIKOLOGI UMSIDA GELAR PSIKOEDUKASI GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Motivasi belajar merupakakan suatu proses dimulai adanya kekurangan psikologis atau kebutuhan yang menimbulkan suatu dorongan dengan maksud mencapai suatu tujuan atau insentif. Pengertian proses motivasi ini dapat dipahami melalui hubungan antara kebutuhan, dorongan dan insentif (tujuan). Untuk meningkatkan motivasi belajar salahs atunya dengan menggunakan goal setting. Goal setting adalah suatu proses untuk menetapkan suatu sasaran atau tujuan untuk hidup kita.

Dalam pembelajaran yang dilakukan pada semester kali ini siswa dan guru diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh, serta dilakukan secara online, dimana dengan adanya perubahan pada media pembelajaran akan mempunyai dampak pada semangat belajar siswa dikarenakan siswa tidak bisa berkomunikasi secara tatap muka dengan guru dan teman sekelasnya bisa memunculkan penurunan pada semangat belajar siswa.

Hal ini juga berdampak pada siswa SMP 1 Muhammadiyah Sidoarjo, pada anak kelas 9A dan 9B yang siswanya mengatakan bahwa adanya penurunan motivasi dalam belajar setelah pembelajaran dilakukan secara online. Untuk menyingkapi hal tersebut, kami dari mahasiswa psikologi UMSIDA kelompok 6 mengadakan psikoedukasi “Goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMP 1 Muhammadiyah Sidoarjo”. Yang dilakukan secara daring untuk mencegah adanya penyebaran covid dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2021, dihadiri oleh Bapak Aunur Rofiq selaku Kepala Sekolah SMP 1 Muhammadiyah Sidoarjo, serta wakil dari guru pendamping dan diikuti oleh siswa kelas 9A dan 9B. Dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh Bapak Ghozalli Afandi SPsi MA. Harapan dari dilakukan psikoedukasi ini adalah agar motivasi belajar siswa dapat meningkat kembali setelah sebelumnya menurun akibat dari pembelajaran secara online. Cara kami mengetahuinya adalah dengan kami menyebarkan angket pada saat sebelum melakukan psikoedukasi kemudian kami akan menyebarkan angket kembali setelah selesai acara. Lalu psikoedukasi tersebut memberikan manfaat yang cukup besar bagi siswa siswi terutama siswa kelas 9A di SMP 1 Muhammadiyah Sidoarjo, setelah dilakukan wawancara terhadap salah satu siswa dan juga peserta psikoedukasi tentang manfaat yang dirasakan yaitu siswa lebih tau bagaimana menyesuaikan antara pikiran dan perilaku selama masa pandemi agar tetap bisa fokus dengan tujuan. Selain itu bisa menambah ilmu tentang goal setting dengan bagaimana kita mengatur mindset dan bagaimana kita bisa mengatasi rasa malas dan bosan pada saat pembelajaran online dilakukan, tutur Luna Syarafina siswi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

Penulis : (Ika Wulan/Aliza Athiya)

Editor : NAG

Related Posts

Jadwal Ujian Tengah Semester Genap T.A 2020/2021 PRODI PSIKOLOGI

Bulan Ramadhan Selama bulan Ramadhan, umat Islam akan melaksanakan puasa...

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi

Ujian Skripsi Prodi Psikologi Semester Genap 2020/2021 Perhatian: Sidang Online...

PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR 2021

Informasi Pendaftaran PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR 2021 Prodi Psikologi Pertukaran Pelajar...

Leave a Reply