1 Memiliki sikap mandiri, terbuka, dan positif pada keberagaman dalam konteks psikologi terapan
2 Mampu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat melalui berbagai metode asesmen psikologi
3 Mampu melakukan intervensi psikologi non klinis yang amanah di rentang kehidupan berdasarkan kebutuhan masyarakat
4 Mampu secara dinamis menghasilkan produk intelektual pada bidang psikologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat
5 Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
NO | KODE CPL | CPL PRODI |
1 | CPL01 | Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan empatik yang didasari dengan nilai, moral, etika dan menghargai perbedaan dengan memegang prinsip nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat |
2 | CPL02 | Menguasai konsep teoritis dasar bidang kajian ilmu psikologi |
3 | CPL03 | Menguasai konsep teoretis dasar dalam asesmen psikologi |
4 | CPL04 | Menguasai konsep teoretis dasar dalam intervensi psikologi |
5 | CPL05 | Menguasai konsep teoretis dasar penelitian dalam ilmu sosial |
6 | CPL06 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengkaji implementasi ilmu pengetahuan dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
7 | CPL07 | Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
8 | CPL08 | Mampu mengaplikasikan penyusunan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik. |
9 | CPL09 | Mampu menganalisis persoalan psikologis non klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada. |
10 | CPL10 | Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
11 | CPL11 | Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat. |
12 | CPL12 | Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab. |
13 | CPL13 | Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik. |
14 | CPL14 | Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangandirinya sendiri (career and personal development). |
15 | CPL15 | Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
Hubungan Profil dan Capaian Pembelajaran
KODE CPL |
CPL |
PROFIL LULUSAN |
||||
PL1 |
PL2 |
PL3 |
PL4 |
PL5 |
||
CPL01 |
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan empatik yang didasari dengan nilai, moral, etika dan menghargai perbedaan dengan memegang prinsip nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat |
X |
|
|
|
|
CPL02 |
Menguasai konsep teoritis dasar bidang kajian ilmu psikologi |
|
X |
|
|
|
CPL03 |
Menguasai konsep teoretis dasar dalam asesmen psikologi |
|
X |
|
|
|
CPL04 |
Menguasai konsep teoretis dasar dalam intervensi psikologi |
|
|
X |
|
|
CPL05 |
Menguasai konsep teoretis dasar penelitian dalam ilmu sosial |
|
|
|
X |
|
CPL06 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengkaji implementasi ilmu pengetahuan dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir secara mandiri, bermutu, dan terukur dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
|
|
X |
|
CPL07 |
Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
|
X |
|
|
|
CPL08 |
Mampu mengaplikasikan penyusunan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik. |
|
X |
|
|
|
CPL09 |
Mampu menganalisis persoalan psikologis non klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada. |
|
|
X |
|
|
CPL10 |
Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
|
|
X |
|
|
CPL11 |
Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat. |
X |
|
|
|
|
CPL12 |
Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab. |
|
|
|
|
X |
CPL13 |
Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik. |
|
|
|
X |
|
CPL14 |
Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangandirinya sendiri (career and personal development). |
|
|
|
|
X |
CPL15 |
Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia. |
|
|
X |
|
|