Prodi Psikologi Mengasah Kepekaan Mahasiswa Sebagai Peneliti Melalui Kuliah Umum

Prodi Psikologi UMSIDA kembali memfasilitasi mahasiswa dengan kegiatan yang mengasah kompetensi. Kali ini, mahasiswa difasilitasi untuk menjadi lebih peka dalar meneliti melalui kegiatan “Kuliah Umum: Riset-riset Terkini dalam Bidang Psikologi”. Kegiatan yang diselenggarakan secara luring pada hari Kamis, 16 Maret 2023 di Mini Theater UMSIDA ini dikhususkan untuk mahasiswa semester 4 prodi psikologi.

Materi yang disajikan oleh Dr. Rakhman Ardi, M.Psych. membantu peserta memahami bagaimana memulai penelitian dengan memperhatikan hal-hal kecil di sekitar kita. Bahwa dengan langkah-langkah yang tepat, hal-hal tersebut bisa menjadi topik penelitian yang menarik. Salah satunya adalah fenomena keletihan belajar dalam jaringan (online). “Siapakah yang capek ketika belajar melalui zoom? Apakah mahasiswanya? Apakah dosennya?” Begitu pertanyaan pemantik yang disampaikan oleh narasumber yang juga Dosen Fakultas Psikologi UNAIR ini.

Pertanyaan pemantik yang disampaikan oleh narasumber betul-betul mengena. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Pertanyaan juga disampaikan oleh salah satu dosen prodi psikologi UMSIDA kepada narasumber. Hal ini membuat moderator acara, Bapak Ghozali Rusyid Affandi, S.Psi., M.A., mengalokasikan waktu lebih untuk mengakomodir pertanyaan yang ada. Meskipun demikian, seluruh pertanyaan dijawab dengan luar biasa oleh pak Ardi.

Kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan oleh prodi psikologi ini berjalan sesuai dengan tujuannya, yaitu memfasilitasi mahasiswa semester 4 untuk lebih peka terhadap fenomena di sekitar untuk diangkat menjadi topik penelitian. Melalui langkah-langkah ilmiah seperti yang disampaikan dalam materi, mahasiswa dapat memulai penelitian dengan topik-topik menarik dalam bidang ilmu psikologi. Hal ini mendukung pembelajaran di semester 4 dimana mahasiswa akan menempuh matakuliah metode penelitian kualitatif.

widwod

Related Posts

LENGKAPI “AMUNISI” MAHASISWA, PSIKOLOGI “IMPOR” DOSEN DARI JAKARTA

SIDOARJO-Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) semakin serius...

Jadwal Ujian Skripsi Prodi Psikologi Mei 2023

Lakukan sidang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan Mahasiswa wajib berpakaian :...

Leave a Reply