Hubungan Guru-Siswa di Indonesia: Solusi untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Psikologi.umsida.ac.id – Hubungan antara guru dan siswa merupakan aspek penting yang berperan besar dalam perkembangan akademik, sosial, dan emosional siswa.

Namun, di Indonesia, penelitian mengenai hubungan guru-siswa masih sangat minim. Dalam tinjauan literatur yang dilakukan oleh Dr Eko Hardi Ansyah MPsi Psikologo dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, bersama Cholichul Hadi dan Seger Handoyo dari Universitas Airlangga, terungkap bahwa perhatian terhadap hubungan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sumber: Keunggulan Riset Psikologi Al-Fatihah dalam Mengurangi Stres Akademik Mahasiswa

Pentingnya Hubungan Guru-Siswa dalam Pendidikan
Sumber: Pexels

Penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang kuat dapat memberikan berbagai dampak positif, baik bagi siswa maupun guru itu sendiri. Beberapa keunggulan yang ditemukan dalam riset ini antara lain:

1. Meningkatkan Prestasi Akademik

Hubungan guru-siswa yang positif terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Ketika siswa merasa dekat dengan gurunya, mereka lebih termotivasi untuk berprestasi dan lebih mudah mencapai tujuan pendidikan mereka.

2. Memperbaiki Perilaku dan Kesejahteraan Siswa

Riset ini juga menemukan bahwa siswa dengan hubungan guru yang baik cenderung memiliki perilaku sosial yang lebih baik dan lebih sedikit terlibat dalam perilaku negatif seperti melanggar aturan di sekolah. Selain itu, kesejahteraan emosional siswa juga meningkat karena mereka merasa lebih didukung oleh gurunya.

3. Dampak Positif pada Kesejahteraan Guru

Tidak hanya siswa yang diuntungkan, hubungan yang baik antara guru dan siswa juga berdampak positif pada kesejahteraan guru. Hubungan yang kuat ini dapat meningkatkan rasa percaya diri guru dan mengurangi tingkat stres mereka, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan produktif.

4. Mengurangi Kekerasan di Sekolah

Di Indonesia, masih banyak kasus kekerasan yang terjadi di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru terhadap siswa maupun sebaliknya. Penelitian ini menyoroti bahwa memperbaiki kualitas hubungan guru-siswa dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi konflik dan kekerasan di lingkungan sekolah.

Keunggulan Riset: Menjadi Landasan Pengembangan Pendidikan di Indonesia

Salah satu temuan penting dari riset ini adalah adanya kesenjangan antara kualitas hubungan guru-siswa di Indonesia dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

Banyak penelitian di negara lain telah membuktikan bahwa hubungan yang baik antara guru dan siswa dapat membantu mengatasi berbagai masalah pendidikan.

Namun, di Indonesia, penelitian mengenai topik ini masih sangat sedikit, meskipun urgensinya semakin meningkat.

Keunggulan riset ini adalah bahwa ia memberikan wawasan yang mendalam tentang pentingnya hubungan guru-siswa di Indonesia, serta menjadi dasar bagi penelitian lanjutan yang dapat membantu memperbaiki kondisi pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya penelitian lebih lanjut, guru di Indonesia diharapkan dapat lebih memahami bagaimana membangun hubungan yang positif dengan siswa, sehingga program-program seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat berjalan lebih efektif.

Baca juga: Keunggulan Riset: Meningkatkan Pengetahuan dan Memberikan Dampak Positif

Tantangan dan Solusi untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia
Sumber: Pexels

Penelitian ini juga menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi sistem pendidikan Indonesia dalam membangun hubungan guru-siswa yang baik.

Diantaranya adalah kurangnya pelatihan bagi guru tentang pentingnya hubungan interpersonal dalam pendidikan, serta kurangnya perhatian pada aspek psikologis siswa di sekolah.

Namun, solusi yang ditawarkan melalui riset ini sangat jelas: membangun hubungan yang kuat dan positif antara guru dan siswa dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Melalui pendekatan berbasis penelitian dan pelatihan yang lebih baik untuk para guru, diharapkan masalah-masalah seperti rendahnya motivasi belajar, konflik di kelas, dan kekerasan di sekolah dapat berkurang secara signifikan.

Hubungan guru-siswa merupakan elemen penting dalam sistem pendidikan yang sering kali diabaikan. Melalui riset ini, kita bisa melihat betapa pentingnya hubungan tersebut bagi perkembangan siswa dan kesejahteraan guru.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan guru-siswa dalam konteks budaya Indonesia. Dengan demikian, pendidikan karakter yang kuat dan kesejahteraan semua pihak di lingkungan sekolah dapat tercapai.

Dapatkan informasi terbaru tentang penelitian pendidikan dan inovasi pendidikan lainnya hanya di situs kami. Temukan solusi terbaik untuk masa depan pendidikan di Indonesia.

Sumber: Teacher-Student Relationship and Its Urgencies in Indonesia: a Literature Review